Jurnal Kegiatan Story Telling 2016

Posted by Labels: at
Oleh : Kartika, S.Pd., M.Pd.
Bertempat di ruang kelas 8d SMPN I Singaparna, Story Telling       Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SMP (FL2SN) Tingkat Kabupaten diselenggarakan. Acara dimulai tepat pukul 09.00 Wib.  Peserta terdiri dari berbagai wilayah di Kabupaten Tasikmalaya. Sebanyak 36 peserta yang mengikuti lomba Story telling.

Satu persatu tampil membawakan cerita lokal (Local Story) dan cerita Asing (Foreign Story). Ragam cerita lokal dibawakan masing – masing peserta diantaranya, Situ Bagendit, Talaga Warna, Nyai Loro kidul, Sangkuriang, Pari Temple dll. Kreatif , Percaya diri dan penuh semangat tergambar dari masing – masing peserta.

Setiap peserta diberikan satu pertanyaan dari setiap juri setelah selesai menyampaikan story tellingnya. Masing – masing peserta pun dapat menjawab dengan lancar. Kegiatan berjalan dengan lancar. Digawangi oleh 3 juri yang kompeten dibidangnya. Ketiga orang Juri tersebut adalah: Pak YUDI HARTANDI, S.Pd, M.Si; Pak HERMANSYAH,S.Pd; Bu AI MERYANI, S.Pd M.Pd.

Berikut ini nama- nam seklah yang berhasil massuk 10 besar untuk maju ke babak Final berikutnya ;
1.    Nomor undian 35  SMPN 1 Singaparrna
2.    Nomor undian 27  SMPN 1 Sukaratu
3.    Nomor undian 36  SMPN 1 Salopa
4.    Nomor undian 34  SMP I  Jayaratu
5.    Nomor undian 32  SMPN 1 Bojong Asih
6.    Nomor undian 25  SMPN 1 Rajapolah
7.    Nomor undian 8    SMPN 1 Cibalong
8.    Nomor undian 39  SMP IT Nurul Jannah   
9.    Nomor undian 12  SMPI Trijaya
10.  Nomor undian 16 SMPN1 Jamanis

Tepat pukul 13.00 WIB, Babak final dilanjutkan. Kembali para peserta yang masuk 10 besar ini bergiliran membawakan 1 buah Cerita Asing. Penulis pun begitu terpukau menyaksikan para peserta membawakan cerita asing itu dengan luwes dan percaya diri dengan kostum andalan masing- masing tentunya. Decak kagum dari penontonpun terlihat, diselingi jawaban – jawaban lucu dai peserta yang kadang tidak nyambung dengan pertanyaan yang dilontarkan para Juri. Kepolosan anak – anak yang rata – rata masih dbangku kelas 7 dan 8. Bgaimana tidak tertawa, bayangkan saja ketika ditanya oleh salah seorang juri , ada peserta yang menjawab Maybe (Mungkin),serta ketika ditanya apakah ananda menyukai Karakter Kelinci? Jwaban eserta adalah TIDAK!!  Karena kelinci itu arogan, saya lebih suka Kura- kura. Naah bikin lucu adalah ketika Juri menanyakan ,Lalu,,,Kenapa ananda menggunakan Kostum Kelinci? Naaah jawaban peserta kala itu..o.oooow dan heheehee. Sontak semua peserta dan penonton tertawa. Inilah sebagian tingkah polos nan lucu para peserta. Keluguan jawaban mereka membut suasana begitu nyantai ditengah panasnya udara, tatkala  Matahari menyengat membuat udara begitu panas terasa.

Setelah selesai tiba saatnya juri mengumumkan juara dari 1 sampai 3, Ketiga juara tersebut adalah :
1.    Nomor Undian 35 dari SMPN 1 Singaparna
2.    Nomor Undian 8   dari SMPN 1 Cibalong
3.    Nomor Undian 27   dari SMPN 1 Sukaratu

Demikian ulasan utuk kegiatan Story Telling FL2SN  Kabupaten Tasikmalaya yang diselenggarakan di SMPN 1 Singaparna. Selamat untuk para juara semoga maju ke provinsi dengan lancar dan menang. Aamin YRA.  Kartika April 2016
Post a Comment

Back to Top